Komsi (Ilmu Komputer dan Sistem Informasi) adalah salah satu program studi di Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Program studi ini dibuka karena tidak lepas dari pemikiran adanya kebutuhan tenaga terampil dalam menangani sistem komputer yang merupakan suatu rangkaian yang satu paket dengan sistem informasi.

Komsi UGM mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras maupun lunak. Selain itu Komsi UGM juga mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer. Mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subjek yang lebih kongkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras.

Komsi UGM memiliki tujuan untuk lebih mendekatkan diri (link and match) antara penyediaan pendidikan keterampilan dengan masyarakat pengguna lulusan. Pembaharuan ini meliputi pengembangan proses dan fasilitas akademik, kegiatan kemahasiswaan maupun kerja sama
dengan instansi terkait.

Sebagai program studi di SV UGM, Komsi memiliki sebuah visi, yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi terapan bidang komputer dan sistem informasi yang unggul, mandiri, bermartabat dan mampu menghasilkan tenaga kerja professional berdasarkan Pancasila.

Dalam mencapai visi tersebut, Komsi juga memiliki dua misi seperti berikut. 

  1. Menumbuhkembangkan kemampuan pelaksanaan proses belajar mengajar di Program D-3 KOMSI agar mampu menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran keterampilan dan profesi dalam bidang komputer dan sistem informasi sehingga lulusannya benar-benar terampil, tersertifikasi, dan berprofesi dalam bidang komputer dan sistem informasi untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan kemampuan yang prima baik nasional maupun internasional, dengan tidak menutup kemungkinan untuk dapat mengikuti pendidikan tingkat selanjutnya.
  2. Mengupayakan agar komputer dan sistem informasi dikenal dan dipahami oleh masyarakat.
Seperti halnya program diploma lain, Komsi UGM memiliki karakteristik pembelajaran dengan mayoritas praktik (pengaplikasian) sebagai penjabaran teori yang mendasarinya. Dengan begitu mahasiswa peserta didik menjadi terampil sebelum memasuki dunia kerja nantinya.

Fasilitas yang dimiliki jurusan ini untuk menunjang pembelajaran cukup memadai, contohnya:
  1. Lab. Komputer Dasar
  2. Lab. Pemrograman
  3. Lab. Perangkat Keras
  4. Lab. Multimedia
  5. Lab. Technopreneurship
  6. Lab. Produksi Multimedia
  7. Lab. Jaringan Komputer
(Source: laman komsi UGM)

Karakter yang diasah dari para mahasiswa komsi UGM antara lain:
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Senang memecahkan masalah
  • Terstruktur
  • Observan
  • Rasional
  • Detail
  • Tekun
Prospek kerja dari Komsi tidak jauh dari bidang teknologi, seperti 1) Programmer bersertifikasi, 2) Pengelola jaringan dan instalasi komputer, 3) Pengelola basis data, 4) Programmer game dan aplikasi multimedia, 5) Programmer sistem informasi, 6) Technopreneur.

Yang menjadikan program studi ini menarik adalah kebutuhan akan penguasaan teknologi di era digital. Seperti yang telah kita tahu, era sekarang telah memasuki era digital. Hampir semua aspek membutuhkan teknologi digital dalam penerapannya. Maka, dengan adanya komsi sebagai wadah untuk mempelajari teknologi, diharapkan Indonesia tidak kekurangan ahli dalam bidang komputer dan teknologi.